Hasil Observasi Pada Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga (HIMANIA) Politeknik Negeri Malang

HASIL OBSERVASI
STUDI PADA HIMPUNAN MAHASISWA ADMINISTRASI NIAGA( HIMANIA )

                                   
PROGRAM STUDI D-III ADMINISTRASI BISNIS
JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA
POLITEKNIK NEGERI MALANG
2015



LEMBAR PENGESAHAN
1. Judul proyek     :
Struktur dan Bidang-bidang yang ada dalam organisasi HIMANIA  Studi pada Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga             (HIMANIA ) – POLITEKNIK NEGERI MALANG.
2. Nama Anggota :
Gusti Aditya Kusuma                (1532610164)
 Fitri Pri Intania Salsa Lestari   (1532610199)
 Eka Yuliati                                 (1532610054)


 Malang, September 2015

    Menyetujui,
                                                                                            Dosen Pembimbing Proyek
                                                                                            Erlangga Andi S. S.AB M.AB           

DAFTAR ISI



 


BAB I

PENDAHULUAN

1.1.    Latar Belakang

Dewasa ini, organisasi menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap mahasiswa, baik organisasi pemerintah maupun swasta.Keseluruhan kegiatan organisasi pada dasarnya membutuhkan kepribadian/karakter mahasiswa. Oleh karena itu, karakter menjadi bagian yang sangat penting untuk mendukung proses kerja suatu organisasi dan pelaksanaan fungsi-fungsi organisasi dari birokrasi didalam menghadapi perubahan situasi dan kondisi yang berkembang dengan cepat. Pada umumnya organisasi merupakan kumpulan mahasiswa yang dibutuhkan di dunia kampus. Dan merupakan suatu kegiatan untuk menyalurkan potensi seseorang yang bermanfaat bagi manusia dan sangat baik bagi lingkungan sekitar.Pada era globalisasi, banyak sekali macam-macam organisasi yang dijumpai di setiap universitas tidak hanya organisasi yang bergerak di satu bidang saja, contoh organisasi per-jurusan sebagai tampungan aspresiasi dari mahasiswa jurusan itu sendiri.Salah satu contoh organisasi jurusan yaitu HIMANIA Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga yang ada.
Himania merupakan salah satu organisasi yang ada ada dalam organsasi di Politeknik Negeri Malang. Himania sendiri berdiri pada tangal 21 Oktober 1986, Himpunan Mahasiswa Admiinistrasi Niaga ( HIMANIA ) merupakan kelangkapan non-struktural dari jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang mutlak beranggotakan seluruh mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga, fungsionaris Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang dipilih melalui beberapa pengurus harian serta membawahi ketua bidang beserta staf-stafnya.
Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang merupakan wadah atau sarana bagi semua mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga yang memiliki kemauan serta kemampuan berorganisasi untuk menyalurkan bakatnya serta menanmpung aspirasi mahasiswa.
Semua event HIMANIA diupayakan mengacu pada bidang Administrasi Niaga serta bidang lainnya yang diharapkan dapat menunjang dan menambah kemampuan mahasiswa baik dalam bidang akademis maupun non akademis dengan tujuan setiap alumni Jurusan Adminstrasi Niaga khususnya dan Politeknik Negeri Malang umumnya mendapatkan pengalaman didunia kerja nantinya.                                                                                   
Berdasarkan uraian diatas maka maka kami memuruskan untuk melakukan penelitian dengan judul “Struktur dan Bidang-bidang yang ada dalam Organisasi Himania”

1.2.      Rumusan Masalah

1.              Bagaimanakah struktur organisasi telah diterapkan atas dasar visi dan misi dari organisasi dari Himania ?
2.               Apakah kinerja bidang-bidang dan fungsi masing-masing bidang yang berjalan di Himania telah maksimal ?
3.              Bagaimanakah struktur organisasi yang diterapkan dalam Himania dan apa tugas masing–masing dari komponen organisasi tersebut ?

1.3.    Batasan Masalah

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai berikut :
Untuk mengetahui kinerja dan sinergi antara tiap-tiap bidang struktur organisasi.

1.4 Tujuan Proyek

Penelitian ini bertujuan untuk :
1.             Mengetahui dan memahami struktur organisasi yang diterapkan atas dasar visi dan misi dari organisasi dari Himania.
2.             Mengetahui  struktur organisasi yang diterapkan dalam Himania dan apa tugas masing–masing dari komponen organisasi.
3.              Mengetahui kinerja bidang-bidang dan fungsi masing-masing bidang yang berjalan di Himania telah maksimal.

1.5 Kegunaan Hasil Proyek

           Bagi Mahasiswa
a.              Sebagai pembanding antara organisasi yang satu dengan yang lain.
b.             Menambah wawasan dalam bidang Organisasi
           Bagi Politeknik Negeri Malang
a.              Sebagai sarana untuk mengetahui sejauh mana sistem organisasi yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
b.             Merupakan sarana untuk menjembatani antara mahasiswa dengan Politeknik Negeri Malang lebih lanjutnya.
           Bagi Umum
a.              Memperkenalkan suatu organisasi pada masyarakat
b.             Membina hubungan antara organisasi dengan Politeknik Negeri Malang

BAB IITINJAUAN PUSTAKA

1.1         Teori

TEORI ORGANISASI adalah teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi. Salah satu kajian teori organisasi, diantaranya membahas tentang bagaimana sebuah organisasi menjalankan fungsi dan mengaktualisasikan visi dan misi organisasi tersebut. Selain itu, dipelajari bagaimana sebuah organisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang didalamnya maupun lingkungan kerja organisasi tersebut.
Sondang Siagian (1997;26) cenderung menelaah organisasi dari sudut pandang yang berbeda yaitu organisasi ditelaah dengan pendekatan structural dan organisasi ditelaah dari sudut pandang keperilakuan.
Sedangkan menurut Lubis dah Husein (1987) bahwa teori organisasi itu adalah sekumpulan ilmu pengetahuan yang membicarakan mekanisme kerjasama dua orang atau lebih secara sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Teori organisasi merupakan sebuah teori untuk mempelajari kerjasama pada setiap individu.
Dalam pembahasan mengenai teori organisasi, mencakup masalah teori-teori organisasi yang pernah ada dan berlaku beserta sejarah dan perkembangannya hingga sekarang.

Jadi dari contoh teori diatas dapat disimpulkan bahwa teori organisasi merupakan cara atau ilmu yang digunakan untuk mengatur dan mengurus semua kinerja tiap-tiap anggota dalam organisasi demi terciptanya tujuan yang telah disepakati bersama.

1.2         Kinerja Organisasi

  Bagi organisasi kinerja merupakan hasil dari kegiatan kerjasama diantara anggota atau komponen organisasi dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi. Jadi kinerja organisasi adalah hasil kerja yang didapatkan dalam organisasi guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
 Menurut Steers pengertian kinerja organisasi adalah tingkat yang menunjukkan seberapa jauh pelaksaan tugas dapat dijalankan secara aktual dan misi organisasi tercapai (Steers; 2003:67).
 Sedangkan menurut Mahsun kinerja adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksaan suatu kegiatan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi, dan visi organisasi yang tertuang dalam strategic planing suatu organisasi. (Mahsun; 2006:25).
  Kinerja suatu organisasi dapat dilihat dari tingkatan sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang disarankan pada visi dan misi yang sudah ditetapkan sebelumnya.        

          1.3 Budaya Organisasi

               Budaya membedakan masyarakat satu dengan yang lain dalam cara berinteraksi dan bertindak menyelesaikan suatu pekerjaan. Budaya mengikat anggota kelompok masyarakat menjadi satu kesatuan pandangan yang menciptakan keseragaman berperilaku atau bertindak. Seiring dengan bergulirnya waktu, budaya pasti terbentuk dalam organisasi dan dapat pula dirasakan manfaatnya dalam memberi kontribusi bagi efektivitas organisasi secara keseluruhan.
             Budaya organisasi dapat mempengaruhi cara orang dalam berperilaku dan harus menjadi patokan dalam setiap program pengembangan organisasi dan kebijakan yang diambil. Hal ini terkait dengan bagaimana budaya  itu mempengaruhi organisasi dan bagaimana suatu budaya itu dapat dikelola oleh organisasi.
Menurut Robbins (1996:289), budaya organisasi adalah suatu persepsi bersama yang dianut oleh anggota-anggota organisasi itu.
Sedangkan menurut Schein (1992:12), budaya organisasi adalah pola dasar yang diterima oleh organisasi untuk bertindak dan memecahkan masalah, membentuk karyawan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan dan mempersatukan anggota-anggota organisasi. Untuk itu harus diajarkan kepada anggota termasuk anggota yang baru sebagai suatu cara yang benar dalam mengkaji, berpikir dan merasakan masalah yang dihadapi.

1.4 Pengertian HIMANIA

Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga merupakan wadah atau sarana bagi semua mahsiswa Jurusan Administrasi Niaga yang memiliki serta kemampuan berorganisasi untuk menyalurkan bakatnya serta menampung aspirasi mahasiswa.

1.5 Penanggung Jawab

Seperti Organisasi pada umumnya, dalam HIMANIA dipertanggung jawabkan secara penuh oleh seorang Ketua Umum dengan dibantu oleh tiap-tiap anggota. Sedangkan anggota sendiri mempunyai spesialis dimasing-masing bidang. 

BAB IIIMETODOLOGI PENELITIAN

 1.1 Subyek/Obyek proyek
A. Subjek Penelitian
    Subjek penelitian adalah orang,tempat,atau benda yang diamati dalam rangkan pembubutan sebagai sasaran (Kamus Besar Bahasa Indonesia.1989.862). Adapun subjek penelitian dalam tulisan ini adalah HIMANIA (Himpunan Mahasiswa Niaga)
B. Objek Penelitian
    Objek  penelitian hala yang menjadi sasaran penelitian (Kamus Besar Bahasa Indonesia1989 : 622). Menurut (Cahyani 2000:21) objek penelitian adalah himpunan elemn yang dapat berupa orang,organisasi atau barang yang akan di teliti. Objek penelitian dalam tulisan ini meliputi profil  HIMANIA dan tentang kegiatan di dalam HIMANIA

1.2 Jenis Data

A. Data Primer
Menurut Umar (2003 : 56), data primer merupakan data yang diperoleh langsung di lapangan oleh peneliti sebagai obyek penulisan. Metode wawancara mendalam atau in-depth interview dipergunakan untuk memperoleh data dengan metode wawancara dengan narasumber yang akan diwawancarai.
Wawancara akan dilakukan peneliti adalah wawancara dengan pedoman wawancara. Wawancara dengan penggunaan pedoman (interview guide) dimaksudkan untuk wawancara yang lebih mendalam dengan memfokuskan pada persoalan – pesoalan yang akan diteliti. Pedoman wawancara biasanya tak berisi pertanyaan – pertanyaan yang mendetail, tetapi sekedar garis besar tentang data atau informasi apa yang ingin didapatkan dari narasumber yang nanti dapat disumbangkan dengan memperhatikan perkembangan konteks dan situasi wawancara. Data Primer yang kami peroleh dari wawancara yang kami lakukan dengan narasumber  yaitu Anggota Anggota HIMANIA.
B. Data Sekunder
 Menurut Sugiyono (2005 : 62), data sekunder adalah data yang tidak langsung memberikan data kepada peneliti, misalnya penelitian harus melalui orang lain atau mencari melalui dokumen. Data ini diperoleh dengan menggunakan studi literatur yang dilakukan terhadap banyak buku dan diperoleh berdasarkan catatan – catatan yang berhubungan dengan penelitian, selain itu peneliti mempergunakan data yang diperoleh dari internet. Data sekunder yang kami peroleh dari observasi dan dokumentasi. Serta beberapa referensi dari buku dan Internet

1.3         Teknik Pengumpulan Data

Pengumpulan data dalam kegiatan penelitian sangatlah penting karena berkaitan dengan tersedianya data yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan dalam penelitia,sehingga kesimpulan yang di ambil adalah benar.metode yang di gunakan menggunakan metode skal,yaitu suatu metode pengambilan data di mana data-data yang di perlukan dalam penelitian di peroleh melalui pernyataan atau  pertanyaan tertulis yang di ajukan kepada responden mengenai suatu hal yang di sajikan dalam bentuk suatu daftar pertanyaan (Sugianto,1994:162). Dalam hal ini,metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini,yaitu:

1.      Metode Wawancara
Metode ini merupakan cara menghimpun bahan keterangan yang di lakukan dengan tanya jawab secara lisan secara sepihak berhadapan  muka,dan dengan arah serta tujuan yang yang telah di tetapkan. Wwan Jhodi (1996:86) ada beberapa kelebihan pengumpulan data melalui wawancara di antaranya pewawancara dapat melakukan kontak langsung dengan orang yang di wawancarai,data diperoleh secara mendalam,pertanyaan yang tidak jelas bisa di ulang dan diarahkan yang lebih jelas.             
1.                       Metode Dokumentasi
Sukartini (1997:201) metode dokumentasi adalah mencari data yang berupa catatan,buku,agenda dan sebagainya.
Dalam penelitian ini,dokumentasi di peroleh dari arsip kegiatan dari HIMANIA:

    1.4. Teknik Pengolahan Data

Pengolahan data merupakan suatu teknik dalam penelitian kualitatif yang dilakukan setelah data pengumpulan terkumpul. Data lapangan atau data mentah merupakan data yang yang diperoleh saat pengumpulan dat. Data mentah pada penelitian ini adalah berupa data lisan,data tertulis serta foto.
A.                     PENGUNGKAPAN/INTERPRESTASI
Pengungkapan adalah konsep,metode dan media tentang bagaimana informasi disampaikan kepada pihak yang berkepentingan sebagai penyediaan informasi lebih dari apa yang dapat disampaikan dalam penelitian. Secara umum tujuan pengungkapan adalah menyajikan informasi yang dipandang perlu untuk mencapai tujuan guna melayani berbagai pihak-pihak yang berbeda.

BAB IV
 HASIL OBSERVASI

4.1 Gambaran Umum Organisasi          
Organisasi dalam arti statis dan organisasi dalam arti dinamis. Terdapat hubungan yang erat antara manajemen, organisasi dan metode (tata kerja). Manajemen, organisasi dan tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan secara efisien.
Bisa di simpulkan organisai memiliki arti yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam bidang tata kerja dan tidak hanya itu organisasi, manajemen, dan tata kerja juga memiliki hubungan yang sangat erat. Itu disebabkan karena organisasi, manajemen, dan tata kerja memiliki keterkaitan satu sama lainnya.
Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran
4.1.1 Profil Organisasi
Himania merupakan salah satu organisasi yang ada ada dalam organsasi di Politeknik Negeri Malang. Himania sendiri berdiri pada tangal 21 Oktober 1986, Himpunan Mahasiswa Admiinistrasi Niaga ( HIMANIA ) merupakan kelangkapan non-struktural dari jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang mutlak beranggotakan seluruh mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga, fungsionaris Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang dipilih melalui beberapa pengurus harian serta membawahi ketua bidang beserta staf-stafnya.
Himpunan Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang merupakan wadah atau sarana bagi semua mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga yang memiliki kemauan serta kemampuan berorganisasi untuk menyalurkan bakatnya serta menanmpung aspirasi mahasiswa.
Semua event HIMANIA diupayakan mengacu pada bidang Administrasi Niaga serta bidang lainnya yang diharapkan dapat menunjang dan menambah kemampuan mahasiswa baik dalam bidang akademis maupun non akademis dengan tujuan setiap alumni Jurusan Adminstrasi Niaga khususnya dan Politeknik Negeri Malang umumnya mendapatkan pengalaman didunia kerja nantinya.

4.1.2  VISI DAN MISI
Visi  :Menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat    penalaran dan keilmuan sesuai dengan program studi pada Jurusan Administrasi Niaga.

     Misi      : Menampung potensi para mahasiswa yang mepunyai kemampuan 
dan kemauan berorganisasi untuk menyalurkan bakat serta
menampung segala aspirasi mahasiswa dan menghasilkan mahasiswa
yang berkualitas baik secaraakademik,keorganisasian, dan kemasyarakatan.
             
4.1.3 Struktur Organisasi      
         
              Gambar 1: Struktur Organisasi HIMANIA
              Sumber: HIMANIA 2015                                                                                                                                                                                                               
4.1.4 Jadwa Kerja  
Jadwal kerja dari pihak HIMANIA. Jadwal kerja yang diselenggarakan oleh pihak HIMNAIA sendiri flexibel mengikuti acara.
4.2 Hasil Observasi
 4.2.1 Ruang Lingkup Organisasi
Himania kepanjangan dari Himpunan Mahasiswa Adnimistrasi Niaga, merupakan suatu organisasi yang menjembatani antara mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga dengan dosen dalam jurusan tersebut.Tujuan dibentuknya HIMANIA sendiri adalah sebagai wadah mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga khusunya yang bergabung dalam UKM HIMANIA untuk menyalurkan kreasi berorganisasi dan bentuk peningkatan serta pembekalan mahasiswa dalam membangun karakter dan jiwa kepimpimpinan dalam organisasi untuk menyadarkan mahasiswa betapa pentingnya tanggung jawab dalam berorganisasidan juga sebagai sarana perluasan wawasan anggota HIMANIA dalam melatih diri berorganisasi melalui berbagai aktivitas seperti halnya pelaksanaan program kerja dan sebagainya, yang intinya HIMANIA akan memberi pembekalan mahasiswa dalam menghadapi dunia luar yang berkaitan langsung dengan masyarakat.
Manfaat HIMANIA
1.              Sebagai sarana penambah pengalaman dalam berorganisasi.
2.              Menumbuhkan rasa percaya diri kepada masing-masing anggota dari HIMANIA,    rasa tanggung jawab, serta sikap mandiri.
3.              Mengembangkan kemampuan dalam praktek berorganisasi dan menyalurkan melalui kegiatan langsung dalam masyarakat.
4.              Wadah bersosialisasi antar anggota guna kelancaran pelaksaan kegiatan dalam organisasi.
4.2.2 Program Kerja HIMANIA
1.      Orientasi Fungsionaris
 Untuk  regenarasi pelantikan/sertijab fungsionaris HIMANIA. Contoh kegiatan dalam Orientasi Fungsionalis yaitu adanya serah terima jabatan yang dilakukan setiap satu periode sekali
2.      Dialog Dosen Mahasiswa
Sharing anatara dosen  dan mahasiswa jurusan untuk membahas masalah di AN dan mencari jalan keluarnya. : Dalam dialog tersebut dosen dan mahasiswa saling berbagi, dengan maksud sebagai wadah bertemunya dosen dengan mahasiswa dalam membahas kendala apa saja yang dihadapi mahasiswa dalam program kerja organisasi. Biasanya kegiatan ini dilakukan di dalam sebuah acara khusus.
3.      Pekan Olahraga
Untuk mencari bibit-bibit baru di bidang olahraga Basket, Futsal, Volly, Badminton, Tarik Tambang, dan lain-lain. Kegiatan ini biasa dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli yang terdiri dari lomba basket, futsal, badminton, dan lain sebagainya dengan peserta mahasiswa antar kelas Jurusan Administrasi Niaga. Jika ada kelas yang tidak mengikuti kegiatan ini maka sebagai sanksi dapat dikenakan denda atau dapat dikatakan bahwa kegiatan POR wajib untuk diikuti.
4.      Bakti Sosial
Untuk mengasah sofa skill serta terjun kemasyarkat untuk mengplisikan ilmu yangtelah didapatkan di bangku kuliah. Banyak hal yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar dengan diadakannya acara Bakti Sosial. Contoh nyata dalam pelaksanaan Bakti Sosial yang terjun langsung ke masyarakat antara lain adanya acara pengobatan gratis, pendidikan dengan cara memberi pengajaran kepada anak-anak setingkat sekolah dasar bagaimana cara membuat kerajian tangan sederhana serta memberikan pengajaran bahasa inggris. Selain itu ada kegiatan lomba cerdas cermat dan pembagian buku gratis kepada masyarakat khususnya setingkat anak sekolah.
5.      Pra Study
Untuk memperkenalkan dunia kampus dan kegiatan kampus kepada para Maba. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan dapat menumbuhkan kesadaran mahasiswa tentang tanggung jawab akademik dan sosial. Waktu pelaksaan kegiatan ini maksimal dua hari mulai jam 06.00 sampai jam 15.00 WIB.
6.         Malam Keakraban
Untuk mempererat ikatan antara para maba satu angkatan. Acara ini mempertemukan semua anak maba dari satu jurusan dengan mengadakan pentas kebudayaan serta mendatangkan bintang tamu untuk mengiisi acara makrab tersebut.

7.         Kuliah Tamu
Mengadakan kuliah dengan pemateri dari luar kampus untuk membentuk jiwa wirausaha pada mahasiswa dan menambah wawasan serta pengetahuan.

8.         Art and Culture Exhibition
Untuk memperkenalkan budaya Mandarin dan Jepang

9.         Aniversary Himania
Untuk merayakan ulang tahun himania yang jatuh setiap tanggal 21 oktober, dan merupakan ucapan syukur kepada Tuhan.

10.     Bussiness Administration Olympic
Untuk mengasah keahlian di bidang Administrasi Niaga.

11.  English Drama Competion
Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan cara mengadakan debat bahasa inggris, drama dll. Tujuannya mengajak mahasisiwa mau aktif dalam menggunakan bahasa inggris dalam semua aktivitas.
12.     Diklat Open Recruitment
Untuk mengambil bibit-bibit baru atau mencari calon fungsionaris baru tingkat I.
13.     Study Excursie
Program kerja yang terakhir dan diwakili oleh mahasiswa tingkat II untuk memperkernalkan anak Administrasi Niaga ke dunia kerja dengan mengunjungi perusahaan serta melakukan study tour.

4.2.1        Tugas dan Fungsi
          BIDANG-BIDANG YANG ADA DI HIMANIA
1.                   INTERN
Merencanakan dan mengkordinir segala sesuatu yang berhubungan dengan kebendaharaan dan hubungan internal HIMANIA . (Sie.Inventaris, Sie.Training, Sie.Regenerasi, Sie.Kerohanian)
 Bidang ini memiliki 4 (empat) spesialisasi, yaitu :
a)                   Inventaris
b)                  Regenerasi
c)                   Training
d)                  Kerohannian

2.      MINAT DAN BAKAT (MIBA)
Merencanakan dan mengkoordinir segala kegiatan yang berhubungan dengan   bidang karya dan seni, bidang mading dan info serta bidang olah raga, (Sie. Olhraga, Sie Mading dan Info)
. Bidang ini memiliki 2 (dua) spesialisasi, yaitu :
A.                 Jurnalistik
B.                 Olahraga :
-                    ABC (Administrasi Basket Ball)
-                    AFC (Administration Football Club)
-                    BBC (Badminton Brotherhood Club)

3.                   Penelitian dan Pengembangan
Melaksanakan perencanaan, penelitian dan pengembangan, serta evaluasi yang behubungan dengan program kerja dan hal-hal lain di dalam himpunan (Sie. Dialog dan Diskusi, Sie Evaluasi dan Perencanaan
. Bidang ini memiliki 2 (dua)spesialisasi, yaitu :
a)                   Evaluator
b)                  Dialog Diskusi

4.                   PENDIDIKAN DAN PENALARAN (PP)
Merencanakan, menyelenggarakan dan mengkoordinir segala kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan prestasi dan kegiatan ekstra kulikuler bahasa. Bidang ini memiliki 3 (tiga) spesialisasi, yaitu :
a)                   Bussines Administration Olympic
b)                  Apresiasi Bahasa
c)                   Peningkatan Prestasi

5.                   EKSTERN
Merencanakan dan mengkoordinir segala kegiatan serta membina hubungan baik dengan pihak-pihak diluar organisasi . (Sie. Hub Eksternal, Sie. Kunjungan Studi, Sie Sponsorship, Sie Pameran dan Expo).
 Bidang ini memiliki 4 (empat) spesialisasi, yaitu :
a)                   Public Relation
b)                  Enterprenship
c)                   OSR(Organized Sosial Responsibility)

          Seperti Organisasi pada umumnya, dalam HIMANIA dipertanggung jawabkan secara penuh oleh seorang Ketua Umum dengan dibantu oleh tiap-tiap anggota. Sedangkan anggota sendiri mempunyai spesialis dimasing-masing bidang. Dalam setiap pelaksaan acara tidak akan lepas dari anggaran, begitu juga dalam organisasi HIMANIA. Saat mengadakan kegiatan sebagai contoh salah satunya bakti sosial yang langsung terjun ke masyarakat seperti pembagian buku gratis serta pengobatan gratis. Anggaran yang didapat merupakan pemberian dari DIPA yang diberikan oleh pihak POLINEMA, selain itu anggaran bisa juga didapat dari hasil mencari sponsor serta dari dana patungan antar anggota organisasi demi kelancaran pelaksanaan kegiatan.
      Kendala yang sering terjadi dalam UKM HIMANIA antara lain sulitnya koordinasi dan kurangnya komunikasi antar anggota, serta masalah anggaran dana yang tidak sebanding dengan pengeluaran saat melaksanakan suatu acara. Karena masih saja ada anggota HIMANIA yang sulit dikoordinisir dan sulit berkomunikasi antar anggota maka saat mengadakan rapat masalah seperti itu akan dibahas dan diluruskan bersama sehingga menjadi lebih terbuka terhadap sesama anggota. Sedangkan dalam bidang pendanaan seperti biasa pada saat bulan puasa contohnya, maka HIMANIA mengadakan kegiatan menjual makanan untuk selanjutnya hasilnya akan digunakan untuk menambah dana Bakti Sosial.


                   BAB V                    ANALISA

Dari bahasan di atas terdapat beberapa teori mengenai organisasi,  teori organisasi secara umum merupakan teori yang mempelajari kinerja dalam sebuah organisasi. Salah satu kajian teori organisasi, diantaranya membahas tentang bagaimana sebuah organisasi menjalankan fungsi dan mengaktualisasikan visi dan misi organisasi tersebut. Selain itu, dipelajari bagaimana sebuah organisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh orang didalamnya maupun lingkungan kerja organisasi tersebut.
Sondang Siagian (1997;26) cenderung menelaah organisasi dari sudut pandang yang berbeda yaitu organisasi ditelaah dengan pendekatan structural dan organisasi ditelaah dari sudut pandang keperilakuan.
Sedangkan menurut Lubis dah Husein (1987) bahwa teori organisasi itu adalah sekumpulan ilmu pengetahuan yang membicarakan mekanisme kerjasama dua orang atau lebih secara sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Teori organisasi merupakan sebuah teori untuk mempelajari kerjasama pada setiap individu.
Dalam pembahasan mengenai teori organisasi, mencakup masalah teori-teori organisasi yang pernah ada dan berlaku beserta sejarah dan perkembangannya hingga sekarang.
Dari analisa kelompok kami, beberapa contoh teori diatas terdapat perbedaan yang satu dengan yang lainnya. Seperti teori yang disebutkan oleh Sondang Siagian dengan teori yang disebutkan oleh Lubis dah Husein. Sondang Siagian hanya menelaah organisasi dengan pendekatan structural dan organisasi ditelaah dari sudut pandang keperilakuan. Menurut kami, teori tersebut kurang jelas maksudnya karena tidak terdapat alasan yang dapat dijelaskan lebih rinci mengenai apa saja yang terdapat dalam organisasi, seperti tidak ada penjelasan mengenai apa yang dimaksud dari pendekatan structural dan sudut pandang keperilakuan. Sedangkan Lubis dan Husein menyebutkan teori organisasi yang merupakan sekumpulan ilmu pengetahuan yang membicarakan mekanisme kerjasama dua orang atau lebih secara sistematis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Teori organisasi merupakan sebuah teori untuk mempelajari kerjasama pada setiap individu. Dalam bahasan teori yang kedua menurut kami lebih dapat dipahami daripada teori yang pertama, karena terdapat kalimat “tujuan yang telah ditentukan”. Seperti yang diketahui secara umum bahwa organisasi pasti memiliki tujuan yang telah disepakati yang  akan dicapai bersama. Namun dalam kalimat terakhir teori kedua, terdapat kalimat “kerjasama pada setiap individu” menurut kami lebih tepatnya kerjasama antara pemimpin dan anggota-anggotanya karena dalam sebuah organisasi pasti terdapat pemimpin dan anggota yang membawahi serta membantu untuk mencapai tujuan.

DAFTAR PUSTAKA

Program Kreatifitas Mahasiswa Dan Sumber Daya Manusia:2012; POLINEMA; Malang





LAMPIRAN




INTERVIEW GUIDE

1. Apa pengertian HIMANIA secara mendalam ?
2. Apa tujuan dibentuknya organisasi HIMANIA ?
3. Bagaimana struktur organisasi HIMANIA ?
4. Apa program kerja yang pernah dibuat oleh HIMANIA ?
5. Bagaimana hasil dari program kerja HIMANIA ?
6. Siapa penanggung jawab dari program kerja HIMANIA ?
7. Apa kendala yang sering terjadi dalam organisasi HIMANIA ?
8. Bagaimana cara mengatasi kendala di organisasi HIMANIA ?
9. Apa bukti hasil dari Program Kerja HIMANIA ?







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Observasi Event Organizer

Notulen Rapat Bulanan Perusahaan Simulasi Bisnis

Agenda Rapat Bulanan Simulasi Bisnis