Hasil Observasi Event Organizer
MANAJEMEN
EVENT
HASIL
OBSERVASI EVENT ORGANIZER
“MATA
AIR COMMUNICATION”
DISUSUN OLEH :
AHMAD
GIFARI FAUZI
ANINDHIA
SARSABELLA P
DWI
WINARSI AYUNINGTYAS
FITRI
PRI INTANIA S. L
IRMA
YURRYSKA D
PROGRAM
STUDI D-III ADMINISTRASI BISNIS
JURUSAN
ADMINISTRASI NIAGA
POLITEKNIK
NEGERI MALANG
2016
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmat, Inayah,
Taufik dan Hidayahnya sehingga Laporan Hasil Observasi Event Organizer Mata Air
Communication ini telah selesai dalam bentuk maupun isinya yang sangat
sederhana.
Kami
ucapkan terima kasih kepada Ibu Lilies Nur Ainie selaku dosen pembimbing mata
kuliah manajement event yang telah membimbing kami hingga laporan ini dapat
diselesaikan dengan baik.
Mengingat
terbatasnya pengetahuan jadi laporan ini diakui masih banyak kekurangan. Oleh
karena itu diharapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang
bersifat membangun untuk kesempurnaan laporan
ini.
Akhir
kata semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca serta semoga bisa di
pergunakan dengan semestinya.
Malang, 21
April 2016
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pada era globalisasi seperti ini banyak mengalami perubahan.
Dulu yang masih secara tradisional hingga sekarang yang sudah berubah menjadi
lebih modern. Gaya hidup orang jaman sekarang lebih suka menggunakan jasa,
karena kesibukannya maka orang lebih suka segala sesuatu yang serba instan.
Event organizer (EO) merupakan salah satu
inovasi yang
tercipta untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat sekarang yang
gaya hidupnya serba instan. Istilah dari
event organizer adalah penyedia jasa profesional penyelenggaraan acara yang
secara sah ditunjuk oleh clientnya, guna mengorganisasikan seluruh rangkaian
acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam
rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan client dalam membuat
acara.
Pada
dasarnya, tugas dari EO adalah membantu cliennya untuk dapat menyelenggarakan
acara yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan sumber daya atau
waktu yang dimiliki client, namun penggunaan jasa EO juga dimungkinkan dengan
alasan agar penyelenggaraannya profesional sehingga hasilnya lebih bagus
daripada bila dikerjakan sendiri.
Event Organizer (EO) sebagai penyelenggara
perhelatan atau kegiatan apapun bentuknya, memerlukan suatu kemampuan managemen
penyelenggaraan event yang profesional.
Salah
satunya adalah E.O Mata Air Communication yang terletak di jl. Brigjen Slamet
Riadi No 192 A Malang.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana profile Mata Air Communication
?
2.
Struktur organisasi apa yang digunakan
pada Mata Air Communication?
3.
Apa saja jobdesc dari bagian-bagian
tersebut?
4.
Divisi apa yang berperan paling penting?
5.
Bagaimana cara E.O Mata Air
Communication bekerja?
6.
Bagaimana cara merekrut tenaga lepas?
7.
Siapa saja pihak-pihak yang terkait
dalam E.O?
8.
Berasal
dari mana pemasok dana saat event berlangsung?
9.
Bagaimana cara pemasaran E.O Mata Air
Communication?
10.
Apa saja event yang pernah di kerjakan Mata
Air Communication?
11.
Bagaimana cara untuk menentukan anggaran
sebuah event?
12.
Bagaimana waktu perencanaan dan persiapan
dalam pengerjaan event?
13.
Apakah dalam sebuah pengadaan event dikenakan
pajak?
14.
Apa kendala yang sering di hadapi Mata Air
Communication?
15.
Apakah
pernah gagal dalam pengerjaan event?
16.
Inovasi
apa yang paling menonjol dari E.O Mata
Air Communication?
17.
Apa kelebihan dari E.O Mata Air Communication dari EO lainnya?
18. Apa hal yang pertama dilalukan dalam
mendirikan EO?
1.3 Tujuan Masalah
1.
Untuk mengetahui profile EO Mata Air
Communication.
2.
Untuk mengetahui struktur organisasi
Mata Air Communication.
3.
Untuk mengetahui jobdesc Mata Air
Communication.
4.
Untuk mengetahui divisi yang berperan
paling penting dalam EO.
5.
Untuk mengetahui cara EO Mata Air
Communication bekerja.
6.
Untuk mengetahui cara merekrut tenaga
lepas.
7.
Untuk mengetahui pihak-pihak yang
terkait.
8.
Untuk mengetahui pemasok dana saat
pengerjaan event.
9.
Untuk mengetahui cara pemasaran EO Mata
Air Communication.
10.
Untuk mengetahui event yang pernah
dikerjakan EO Mata Air Communication.
11.
Untuk mengetahui cara menentukan
anggaran sebuah event.
12.
Untuk mengetahui persiapan dalam
pengerjaan event.
13.
Untuk mengetahui pengenaan pajak saat
pengadaan event.
14.
Untuk mengetahui kendala yang sering
dihadapi EO Mata Air Communication.
15.
Untuk mengetahui kegagalan dalam
pengadaan event.
16.
Untuk
mengetahui inovasi dari EO Mata Air Communication.
17.
Untuk mengetahui kelebihan dari EO Mata
Air Communication.
18.
Untuk mengetahui hal pertama yang
dilakukan saat mendirikan EO.
BAB II
TINJAUAN TEORI
2.1 Pengertian Event Organizer
Menurut
Suseno (2005:13 – 14), membahas tentang EO, tidak lain memiliki pengertian sama
dengan sebuah kepanitiaan acara. Mungkin banyak dari kita yang beranggapan
bahwasannya organizer hanya merupakan sebuah penyelanggaraan pentas musik
sekolah atau umum saja. Tapi sebenarnya lingkup kerja dari pada organizer itu
sendiri sangat luas. Organizer merupakan sekelompok orang yang terbagi dalam
setiap tim pelaksana, tim pekerja, tim produksi, dan tim managemen yang bekerja
khusus untuk melaksanakan deskripsi suatu program acara dari awal acara sampai
terwujudnya satu titik penyelesaian yang maksimal dari program acara tersebut.
Dalam pelaksanaan sebuah program acara, EO memiliki letak dan posisi kerja yang
sangar vital, karena di sini lingkup kerja EO menyangkut tanggung jawab
kesuksesan pada saat berlangsungnya acara dari awal sampai akhir acara.
2.2
Jenis-jenis
Event Organizer
1.
Event Organizer lapangan untuk mengkoordinasi
masa (tim/klien) meliputi planning, konsep dan koordinasi.
2.
Party Planner hanya sebagai merencanakan dan
menyediakan kebutuhan (sebatas penyedia).
3.
Event Organizer Broker adalah event organizer
yang menghubungkan antara klien dan pihak pemilik event.
4.
Event Organizer Corporate adalah event
organizer yang menangani semua acara yang ingin diselenggarakan (khusus untuk
corporate event).
2.3
Pemasaran
Event Organizer
Untuk
pertama kali memasarkan event yang pertama kali diadakan, memerlukan
kepercayaan dan keyakinan bahwa event tersebut dapat berjalan dengan sukses.
Orang yang ditugasi memasarkan berani menjamin bahwa keikutsertaan atau
partisipasi mereka sebagai sponsor maupun peserta di dalam event
ituakanberdampak positif atau mendatangkan keuntungan. Cara yang biasa
dilakukan ialah dengan mengajak kerja sama asosiasi, organisasi ke masyarakatan
atau perusahaan besar yang tengah berpromosi.Media dan Promosi untuk sebuah event
1. Above
the line (media Cetak dan Elektronik termasuk di dalamnya dengan menggunakan
jaringan internet)
2. Bellow
the Line (brosur, leaflet, selebaran, spanduk, banner, promo di
suatuacara/event yang berbeda, dsb)
3. Kombinasi
dari keduanya
4. Promosi
bisa dilakukan dengan gathering, launching, konfrensipers, dan
sebagainya.
5. Bekerjasama
dengan Organisasi pemerintahan dan organisasi kemasyarakat
maupun organisasi keagamaan atau bisa juga dengan Asosiasi profesi yang
memiliki sejumlah anggota dan mereka dapat berperan sebagai alat promosi
event tersebut.
2.4 Struktur Organisasi Event
Untuk
penyelenggaraan tiap event dibutuhkan struktur organisasi yang berfungsi
memudahkan operasional event. Banyak jenis struktur organisasi yang dapat
diadopsi untuk event. Tentunya struktur organisasi tersebut harus dapat
menunjang kelancaran penyelenggaraan event yang disesuaikan dengan kondisi tiap
event. Di bawah ini macam-macam struktur organisasi event organizer.
Struktur
event organizer yang focus pada fungsi
Struktur
event organizer yang fokus pada program
Struktur
event organizer berdasarkan permintaan penyelenggara
Struktur
event organizer yang sederhana
Gambar
2.8 Struktur event organizer yang
sederhana
Struktur event
organizer Network
2.5 Studi
Kelayakan Event
Studi kelayakan untuk penyelanggaraan event sangat penting
untuk dilaksanakan sebelum event dimulai. Studi kelaykan dilakukan untuk
mengetahui kelayakan suatu event diselanggaraka.
Terdapat tiga tahap awal untuk melihat kelayakan event
diselenggarakan dengan melakkan tiga tahapan saringan kelayakan. Saringan
pertama adalah mengkaji kelayakan pemasaran event, untuk melihat ada pasar yang
menginginkan event tersebut diselenggarakan. Saringan kedua adalah untuk
melihat kelayakan operasional untuk melihat apakah event dapat dilaksanakan
dengan sumberdaya yang dimiliki. Saringan ketiga adalah saringan keuangan ntuk
melihat apakah secara keuangan event akan menguntungkan.
Jika ketiga tahap saringan tersebut dilakukan, walaupun
harus dilakukan penyesuaian, maka event dikatakan layak untuk
diselenggarakan.
BAB III
HASIL OBSERVASI
2.1 Profil EO
Mata Air Communication
Mata Air Communication adalah sebuah
perusahaan baru yang didirikan pada tahun 2014 oleh orang - orang yang sudah
banyak terlibat dan memiliki pengalaman yang baik lebih dari 8 tahun pada
bidangnya ( Event Organizer, Tour & Travel dan Advertising ) dan legal
secara hukum dengan nama "CV. MATA AIR CREATIVA" pada 30 Januari
2014.
Pelaku
industri Event Organizer , Tour & Travel, dan Advertising di Jawa Timur dan
di Kota Malang pada khususnya memang sudah menjamur.
2.2 Struktur Organisasi
2.3 Jobdesc
1. Finance: Mengatur segala sesuatu yang berkenaan
dengan keuangan dan menentukan RAB (Rencana Anggaran Biaya) dalam pengerjaan EO
2. Operasional Departement: Mengatur serta lebih
bertanggung jawab terhadap kegiatan yang berkaitan dengan kantor secara keseluruhan
dalam keseharian
3. Bussines Departement: Mengatur dalam pemasaran atau
halnya lebih ke pekerjaan marketing
4. Advertising Departement: Menangani segala sesuatu
yang berkaitan dengan periklanan, pamflet, baliho dan banner
5.
Tour Departement: Lebih menekankan pada pekerjaan
yang berkaitan dengan perjalanan wisata
6. Event Departement: Lebih menekankan terhadap project
yang dikerjaan serta pembagian penugasan dalam pengerjaan project
2.4 Divisi yang Berperan Paling Penting
Divisi yang paling berperan dalam pengerjaan event adalah
operational karena operational yang mengatur job yang telah ada dan membagi
event tersebut termasuk kedalam event yang bagaimana serta operational juga
mengatur pembagian dari jobdesc
2.5 Cara EO Mata Air Communication Bekerja
Hal yang pertama kali dilakukan oleh Mata Air
Communications dalam bekerja adalah Sharing langsung dengan client tentang
perencanaan event yang akan dikerjaan sesuai dengan konsep yang sudah dibawa
oleh client
Kedua, setelah melakukan sharing langsung dengan client.
Mata Air Communications memecahkan masalah tentang perencanaan bagaimana event
berlangsung sesuai dengan konsep yang sudah dibicarakan sebelumnya dengan
client
Ketiga melakukan sharing kembali dengan client untuk
menyetujui konsep yang sudah dibuat secara matang dan sesuai dengan keinginan
client. Dan apabila sudah disetujui bersama barulah EO melakukan pengerjaan
terhadap event
2.6 Cara Merekrut Tenaga Lepas
Tenaga lepas direkrut oleh EO Mata Air Communication dengan
cara melihat ke dalam faktor yang lebih aplikatif atau kemampuan sesuai dengan
posisi yang dibutuhkan. Maksudnya adalah tenaga kerja yang diharapkan adalah
orang-orang yang mampu dan mau secara langsung turun ke lapangan untuk
mengaplikasikan kemampuannya dalam masing-masing bidang yang terdapat di EO
tersebut.
2.7 Pihak-Pihak yang Terkait
Terdapat beberapa pihak yang terkait dalam
pengerjaan suatu event guna memperlancar berjalannya event tersebut. Pihak yang
terkait salah satunya adalah Vendor yang berperan sebagai penyedia kebutuhan. Sebagai
contoh menyediakan beberapa pilihan tipe
panggung dalam event tertentu sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.
2.8 Pemasok Dana Saat Pengerjaan Event
Setiap
event yang dikerjakan selalu memerlukan dana yang terbilang cukup banyak.
Pendanaan tersebut dipasok oleh EO Mata
Air Communications serta Client yang akan mengadakan event. Akan tetapi pada
kenyataannya EO paling banyak dalam pemasokan dana saat pengerjaan event
daripada client. Karena tidak sedikit client yang melakukan pembayaran dengan
cara termin (pembayaran setelah melakukan pengerjaaan event). Dan pihak terkait
untuk membantu anggaran event yaitu dari sponsorship.
2.9 Cara Pemasaran EO Mata Air Communication
EO mencari perusahaan besar dan terpercaya untuk
menjadi target pemasaran. Setelah itu, EO akan mendatangi perusahaan tertentu
dengan cara presentasi dalam hal penawaran pengerjaan proyek event serta
memberikan keuntungan yang didapat. Selain itu, EO gencar memasang pamflet dan
baliho di pinggir jalan dengan tujuan masyarakat dapat mengetahui keuntungan
dan kenyamanan dari Mata Air Communication itu sendiri.
2.10 Event yang Pernah di Kerjakan
Event yang pernah
dikerjakan oleh Mata Air Communication digolongkan menjadi 3 jenis bidang
sebagai berikut:
1)
Bidang Event
Organizer:
· Wedding Planner & Organizer
· Outbond
· Music Concert
· Launching & grand Opening
· Birthday Party
· Festival & Exhibition
· Tour Travel
2)
Bidang Tour And
Travel:
·
Tour Package
·
Group / Family
Tour
·
Study Excursie /
KKL
·
Travel Car
Rental
·
Air Ticketting
·
Airport Shuttle
3)
Bidang Advertising:
·
Wedding Planner
& Organizer
·
Outbond
·
Music Concert
·
Launching &
grand Opening
·
Birthday Party
·
Festival &
Exhibition
·
Tour Travel
2.11 Cara Menentukan Anggaran Sebuah Event
Anggaran sebuah event bisa ditentukan apabila sudah
menentukan tema event yang akan dikerjakan. Jika ada pesanan untuk menggarap
event music maka EO akan menentukan anggaran yang dikeluarkan untuk event
tersebut. Seperti anggaran untuk memesan perlengkapan panggung kepada vendor
tertentu dan anggaran pajak yang dikenakan.
2.12 Persiapan dalam Pengerjaan Event
Persiapan dalam pengerjaan event dilakukan secara
relatif karena tergantung job yang datang sesuai dengan event dan waktu yang
telah direncanakan oleh client sehingga EO menyesuaikan jadwal event yang telah
ditentukan oleh client, dan biasanya client sudah mempunyai konsep dan EO
bertanggung jawab untuk memecahkan bagaimana event dapat berjalan sesuai
harapan client.
2.13 Pengenaan Pajak Saat Pengadaan Event
Setiap event pasti dikenakan pajak, tetapi pengenaan
pajak disesuaikan dengan event yang diadakan. Apabila event yang diadakan
adalah event yang besar maka pengenaan pajak juga lebih besar, tetapi apabila
event yang diadakan tergolong kecil pajak yang dikenakan juga lebih kecil.
2.14 Kendala yang Sering di Hadapi
Kendala yang sering dihadapi oleh EO Mata Air
Communication adalah modal karena setiap client berbeda-beda, ada yang memberi
uang muka langsung dan ada yang memberi setelah event dikerjakan.
2.15 Kegagalan dalam Pengadaan Event
Sebuah
kegagalan pasti pernah dialami tetapi sesuai standart kegagalan itu apabila
client melakukan complain dengan rasa tidak kepuasaan atas pengerjaan event
yang telah dilakukan tetapi apabila gagal saat event berlangsung atau gagal
ditengah jalan belum pernah dialami.
2.16 Inovasi EO Mata Air Communication
Inovasi dari internal lebih mempunyai sistem pekerja
yang pasti dan terorganisai dan sesuai (SOP).
2.17 Kelebihan dari EO Mata Air Communication
Kelebihan dari EO Mata Air Communication dibanding
dengan EO yang lain adalah EO Mata Air Communication mempunyai 3 bidang yaitu:
·
Advertising
·
Travel
·
Event Organizer
2.18 Hal Pertama yang di Lakukan saat Mendirikan EO
Hal
pertama yang diperlukan untuk mendirikan EO adalah kemampuan teknis, biaya,
kreatif, dan inovatif. Karena dalam event organizer yang dibutuhkan adalah
konsep yang menarik agar dapat menarik konsumen dan sponsor serta dari modal
juga harus ada agar saat ada proyek event yang di handle
BAB IV
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dalam
bisnis Event Organizer yang terpenting adalah bukti akan kemampuan melayani
orang lain daripada nama yang dibangun melalui biaya iklan. Dengan demikian
berarti harus melalui proses bertahap. Konsistensi & persistent adalah kata
yang tepat dalam memasarkan sebuah Event Organizer.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini dapat memberikan gambaran dan menambah wawasan
kita tentang bagaimana terjun di bidang
event organizer, lebih jauhnya penyusun berharap dengan memahami Event
Organizer kita semua dapat memahami membangun sebuah event organizer.
SANGAT MEMBANTU, TERIMAKASIH BANYAK
BalasHapusSama sama kak 🙏
HapusSama sama kak. 🙏
BalasHapus