Proposal Praktek Kerja Lapangan di PT Semen Indonesia Jurusan Administrasi Perkantoran
PROPOSAL
PRAKTEK
KERJA LAPANGAN
DI
PT
SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk
Diajukan
oleh:
FITRI
PRI INTANIA SALSA LESTARI
NIM.
1532610199
Konsentrasi :
Administrasi Perkantoran
PROGRAM
STUDI D – III ADMINISTRASI BISNIS
JURUSAN
ADMINISTRASI NIAGA
POLITEKNIK
NEGERI MALANG
2017
Lembar
Pengesahan
Proposal
Praktek Kerja Lapangan
Di
PT SEMEN INDONESIA
(Persero) Tbk
Diajukan
oleh:
FITRI PRI INTANIA SALSA
LESTARI
NIM. 1532610199
Konsentrasi :
Administrasi Perkantoran
Mengetahui
KPS D-III Administrasi Bisnis
Mahmudatul Himmah, SE.,MAB
NIP.
196411271990032002
|
Menyetujui
Dosen Pembimbing PKL
Dra. Fullchis Nurtjahjani, MM
NIP. 196503281993032001
|
|||||
|
A.
Latar Belakang
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat menyebabkan terjadinya perubahan besar dalam segala aspek kehidupan.
Hal ini ditandai dengan adanya era globalisasi yang melanda negara-negara di
dunia yang kemudian menyebabkan semakin ketatnya persaingan di dunia kerja. Berkaitan dengan hal ini diperlukan sumber daya manusia yang
terampil dan berkompetensi agar dapat mengimbangi kemajuan tersebut sebagai
tenaga kerja yang profesional dan berpengalaman.
Politeknik Negeri Malang merupakan
lembaga pendidikan tinggi vokasional di bidang pengetahuan dan teknologi terapan
yang memiliki komposisi jam kuliah sekitar 45% teori dan 55% praktek.
Kurikulum D3 menerapkan sistem 5+1 yang artinya 5 semester kuliah di kampus
sedangkan 1 semester akhir digunakan untuk praktek kerja lapangan (PKL) dan
penyelesaian laporan akhir studi. Sementara itu untuk D4 menerapkan sistem 7+1
artinya 7 semester untuk semester kuliah di kampus sedangkan 1 semester akhir
digunakan untuk praktek kerja lapangan (PKL) dan penyelesaian Skripsi. Jurusan
Administrasi Niaga memiliki dua program studi, yaitu D3 Administrasi Bisnis dan
D4 Manajemen Pemasaran. Program studi D3 Administrasi Bisnis dibagi menjadi dua
konsentrasi, yaitu Administrasi Perkantoran dan Marketing. (Kementerian Riset, 2015)
Program PKL merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan akademik yang
wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik
Negeri Malang. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk uji coba kemampuan dan keterampilan
yang telah diperoleh
selama duduk dibangku perkuliahan, sekaligus sebagai bahan perbandingan
antara teori dan praktek yang telah didapatkan selama berada
di bangku perkuliahan. Sehingga, dapat memberikan bekal
pengetahuan dan ketrampilan sebelum terjun ke dunia kerja.
PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk dipilih
sebagai objek PKL karena
telah memenuhi syarat seperti yang telah diajukan oleh Jurusan Administrasi
Niaga.
Selain itu, akan lebih baik jika mahasiswa mengetahui
lebih jauh bagaimana sistem kerja yang diterapkan di PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk
agar nantinya dapat dijadikan sebagai pengalaman sebelum
benar-benar terjun di dunia kerja serta untuk memperoleh data dari PT SEMEN INDONESIA (Persero)
Tbk
B.
Tujuan
Tujuan penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
ini adalah:
1.
Sebagai sarana melatih
mahasiswa agar bisa beradaptasi pada lingkungan kerja.
2.
Sebagai sarana melatih
mahasiswa agar bisa berfikir secara kritis terhadap permasalahan yang ada.
3.
Sebagai sarana menambah
wawasan mahasiswa terhadap aspek-aspek diluar bangku kuliah pada lokasi Praktek
Kerja Lapangan (PKL).
4.
Sebagai sarana menyiapkan
mahasiswa agar lebih memahami kondisi pekerjaan di Lapangan.
5.
Sebagai sarana
untuk mewujudkan tanaga siap kerja yang terampil, profesional, serta kreatif
dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di masa yang akan datang.
C.
Kegunaan
Adapun Kegunaan dari Kegiatan Praktik Kerja Lapangan
(PKL) ini adalah:
1.
Bagi Mahasiswa
a.
Mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama
masa perkuliahan pada kegiatan yang nyata, dengan demikian akan tahu
perbandingan antara pengetahuan di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada di
dunia kerja.
b.
Menguji kemampuan pribadi untuk berkreasi sesuai dengan
ilmu yang dipelajari, serta tata cara
hubungan masyarakat dalam dunia kerja yang penuh dengan persaingan.
c.
Memperdalam dan meningkatkan kualitas, keterampilan dan
kreatifitas pribadi yang sesuai dengan ilmu yang dimiliki.
d.
Melatih diri agar tanggap dan peka dalam menghadapi situasi
dan kondisi lingkungan kerja serta mempersiapkan langkah-langkah yang
diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di masa yang akan datang.
e.
Menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman sebagai
generasi terdidik untuk nantinya dapat terjun dalam masyarakat terutama di
lingkungan kerjanya.
2.
Bagi Politeknik Jurusan Administrasi
Niaga
a.
Mencetak calon tenaga kerja yang terampil dan jujur dalam
dalam menjalankan tugas. Sebagai masukan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana
kurikulum yang sudah diterapkan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang
terampil dibidangnya.
b.
Sebagai sarana pengenalan instansi pendidikan Politeknik
khususnya Jurusan Administrasi Niaga, kepada badan
usaha perusahaan yang membutuhkan lulusan atau tenaga kerja yang dihasilkan
oleh Politeknik.
3.
Bagi Perusahaan Objek
PKL
a.
Membantu menyelesaikan pekerjaan yang terdapat pada
perusahaan tempat mahasiswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.
b.
Sebagai sarana untuk menjembatani hubungan kerja sama
antara perusahaan dengan Politeknik dimasa yang akan datang, khususnya mengenai
rekruitme tenaga kerja.
c.
Sebagai sarana untuk mengetahui kualitas pendidikan yang
ada di Politeknik.
D.
Bidang Kerja dan Penempatan
1.
Penempatan
penugasan PKL diharapkan sesuai dengan bidang Administrasi Bisnis (bidang Administrasi
Perkantoran) yang meliputi korespondensi, kearsipan, kesekretariatan,
pengorganisasian even, akuntansi, komunikasi bahasa Inggris dan Jepang,
perpajakan, pengelolaan administrasi logistik, manajemen sumber daya manusia,
mengoperasikan software pengolah kata, angka, data, dan design grafis. (Kementerian
Riset, 2015)
2.
Selama
masa PKL mahasiswa yang bersangkutan diaharapkan bisa pindah/rolling ke bagian
lain dan sebelumnya atas persetujuan dosen pembimbing lapangan dari perusahaan.
3.
Selama
menjalankan aktivitas PKL, mahasiswa harus mempraktikan penggunaan peralatan
atau mesin kantor seperti fax, komputer, printer, fotokopi dan lain-lain.
4.
Mahasiswa sangat berharap dalam bidang kerja dan penempatan selama kegiatan PKL
ini dapat mengaplikasikan kegiatan
Administrasi
Perkantoran yang mana
telah diperoleh ketika duduk di bangku perkuliahan.
5.
Terkait dengan hal ini, sengaja dilampirkan daftar mata kuliah yang telah ditempuh selama studi, agar dapat dijadikan bahan
pertimbangan bagi pihak perusahaan.
E.
Waktu Pelaksanaan
Dalam pelaksanaanya Praktek Kerja
Lapangan (PKL) ini, mahasiswa memilih PT SEMEN INDONESIA (Persero)
Tbk yang berlamat di Jalan Veteran Gresik 61122, Jawa Timur. Adapun waktu
pelaksanaanya selama 6 (enam) minggu selama hari kerja efektif. Dimulai pada
tanggal 16 Juli sampai dengan 7 September 2017 dengan ketentuan jam kerja per
hari karyawan di tempat PKL.
F.
Penutup
Proposal Praktek Kerja Lapangan (PKL)
ini disusun dengan harapan dapat disetujui dan berjalan dengan lancar sesuai
dengan rancana. Diharapkan perusahaan dapat memberi kesempatan pada mahasiswa
untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT SEMEN
INDONESIA (Persero) Tbk, sesuai dengan bidang ilmunya.
Dalam
pelaksanaanya, perusahaan dapat menilai tingat ketrampilan dana kreatifitas
kami selaku pelaksana PKL atas aktifitas (kerja) yang dilaksanakan baik dalam
penguasaan bidang kerja maupun keaktifan bertanya kepada Dosen Pembimbing
Lapangan atas masalah yang dihadapi.
Oleh
karena itu, besar harapan agar pihak perusahaan menempatkan mahasiswa sesuai
dengan disiplin ilmu dan keterampilan yang dimiliki, agar dapat melaksanakan
PKL dengan sebaik-baiknya dan dapat mencapai maksud dan tujuan yang ingin
dicapai serta dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.
DAFTAR PUSTAKA
Kementerian Riset, T. d. (2015). Pedoman Akademik Tahun 2015.
Malang: Politeknik Negeri Malang.
Lampiran 1
Daftar Mata Kuliah yang Telah di Tempuh
Jurusan Administrasi Niaga
Politeknik Negeri Malang
Semester I-IV
Semester I
Program Administrasi Bisnis
No.
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
Jam/Minggu
|
||
Teori
|
Praktek
|
Total
|
|||
1.
|
Bahasa
Jepang I
|
2
|
2
|
0
|
2
|
2.
|
Dasar
Akuntansi I
|
2
|
1
|
2
|
3
|
3.
|
English
for Communication I
|
2
|
2
|
2
|
4
|
4.
|
Kesekretariatan
|
3
|
2
|
4
|
6
|
5.
|
Keyboarding
Skill
|
2
|
1
|
3
|
4
|
6.
|
Komputer
Pengolah Kata dan Komunikasi
|
2
|
2
|
3
|
5
|
7.
|
Matematika
|
2
|
2
|
0
|
2
|
8.
|
Pengantar
Bisnis
|
2
|
2
|
1
|
3
|
9.
|
Pengantar
Proyek & Pengetahuan Perusahaan
|
2
|
0
|
5
|
5
|
10.
|
Sistem
Manajemen Mutu
|
2
|
2
|
2
|
4
|
Total
|
21
|
16
|
22
|
38
|
Semester II
Program Administrasi Bisnis
No.
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
Jam/Minggu
|
||
Teori
|
Praktek
|
Total
|
|||
1.
|
Bahasa
Jepang II
|
2
|
2
|
0
|
2
|
2.
|
Dasar
Akuntansi II
|
2
|
1
|
2
|
3
|
3.
|
English
for Communication II
|
2
|
3
|
2
|
5
|
4.
|
Kewirausahaan
|
2
|
2
|
2
|
4
|
5.
|
Komputer untuk Desain dan
Percetakan
|
2
|
2
|
3
|
5
|
6.
|
Korespondensi Bisnis
|
3
|
2
|
4
|
6
|
7.
|
Manajemen Even
|
2
|
2
|
2
|
4
|
8.
|
Manajemen Pemasaran
|
2
|
2
|
1
|
3
|
9.
|
Proyek Pengelolaan Data dan
Informasi & Korespondensi Bisnis
|
2
|
0
|
4
|
4
|
10.
|
Statistik
|
2
|
1
|
1
|
2
|
Total
|
21
|
17
|
21
|
38
|
Semester III
Konsentrasi Administrasi Perkantoran
No.
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
Jam/Minggu
|
||
Teori
|
Praktek
|
Total
|
|||
1.
|
Administrasi Logistik
|
3
|
1
|
4
|
5
|
2.
|
Bahasa Jepang III
|
2
|
2
|
0
|
2
|
3.
|
Business English I
|
3
|
2
|
2
|
4
|
4.
|
Etika Profesi
|
2
|
1
|
1
|
2
|
5.
|
Komputer untuk Analisis Basis Data
|
2
|
2
|
4
|
6
|
6.
|
Manajemen Kearsipan
|
2
|
1
|
2
|
3
|
7.
|
MSDM
|
2
|
2
|
0
|
2
|
8.
|
Pancasila
|
2
|
2
|
0
|
2
|
9.
|
Pengetikan Bisnis
|
3
|
1
|
5
|
6
|
10.
|
Proyek Penanganan Konsumen
|
2
|
0
|
4
|
4
|
Total
|
23
|
14
|
24
|
38
|
Semester IV
Konsentrasi Administrasi Perkantoran
No.
|
Mata Kuliah
|
SKS
|
Jam/Minggu
|
||
Teori
|
Praktek
|
Total
|
|||
1.
|
Proyek: Perencanaan Bisnis & Menjalin dan
Memelihara Hubungan Bisnis
|
2
|
0
|
4
|
4
|
2.
|
Pengembangan
Kepribadian
|
2
|
1
|
1
|
2
|
3.
|
Laporan
Bisnis
|
3
|
1
|
4
|
5
|
4.
|
Public
Relation
|
2
|
1
|
2
|
3
|
5.
|
Administrasi
Sumber Daya Manusia
|
3
|
1
|
4
|
5
|
6.
|
Bahasa
Jepang IV
|
2
|
2
|
0
|
2
|
7.
|
Komputer
untuk Desain Web dan Web Database
|
2
|
2
|
4
|
6
|
8.
|
Perpajakan
|
2
|
1
|
2
|
3
|
9.
|
Agama
|
2
|
2
|
0
|
2
|
10.
|
Business
English II
|
3
|
2
|
4
|
6
|
Total
|
23
|
13
|
25
|
38
|
Lampiran 2
Daftar Riwayat
Hidup
Nama Lengkap : Fitri Pri Intania Salsa Lestari
NIM : 1532610199
Jurusan/Program Studi : Aministrasi Niaga/D3 Administrasi Bisnis
Konsentrasi : Administrasi Perkantoran
Tempat Tanggal Lahir : Blitar, xx Februari 199x
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Alamat Asal : Blitar - Jawa Timur
No. Telepon/HP :
085856940xxx
Nama Orang Tua
a.
Nama Ayah :
Isprianta
b.
Nama Ibu : Sunarsih
Riwayat Pendidikan
a.
2001 – 2003 : TK Dharma Wanita Gandusari
b.
2003 – 2009 : SD Negeri 01 Gandusari
c.
2009 – 2012 :
SMP Negeri 01 Wlingi
d.
2012 – 2015 :
SMA Negeri 01 Talun
e.
2015 – 2018 : Politeknik Negeri Malang
Komentar
Posting Komentar