Proposal Praktek Kerja Lapangan di PT Semen Indonesia Jurusan Administrasi Perkantoran

PROPOSAL
PRAKTEK KERJA LAPANGAN

DI
PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk


Diajukan oleh:


FITRI PRI INTANIA SALSA LESTARI
NIM. 1532610199

Konsentrasi : Administrasi Perkantoran








PROGRAM STUDI D – III ADMINISTRASI BISNIS
JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA
POLITEKNIK NEGERI MALANG
2017







Lembar Pengesahan

Proposal Praktek Kerja Lapangan


Di
PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk


Diajukan oleh:


FITRI PRI INTANIA SALSA LESTARI
NIM. 1532610199

Konsentrasi : Administrasi Perkantoran




Mengetahui
KPS D-III Administrasi Bisnis




Mahmudatul Himmah, SE.,MAB
NIP. 196411271990032002





Menyetujui
Dosen Pembimbing PKL




Dra. Fullchis Nurtjahjani, MM
NIP. 196503281993032001

Mengetahui,
Ketua Jurusan Administrasi Niaga






Heru Utomo, SE., MELecComm
NIP. 19642081990031003


A.      Latar Belakang 
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat menyebabkan terjadinya perubahan besar dalam segala aspek kehidupan. Hal ini ditandai dengan adanya era globalisasi yang melanda negara-negara di dunia yang kemudian menyebabkan semakin ketatnya persaingan di dunia kerja. Berkaitan dengan hal ini diperlukan sumber daya manusia yang terampil dan berkompetensi agar dapat mengimbangi kemajuan tersebut sebagai tenaga kerja yang profesional dan berpengalaman. 
Politeknik Negeri Malang merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasional di bidang pengetahuan dan teknologi terapan yang memiliki komposisi jam kuliah sekitar 45% teori dan 55% praktek. Kurikulum D3 menerapkan sistem 5+1 yang artinya 5 semester kuliah di kampus sedangkan 1 semester akhir digunakan untuk praktek kerja lapangan (PKL) dan penyelesaian laporan akhir studi. Sementara itu untuk D4 menerapkan sistem 7+1 artinya 7 semester untuk semester kuliah di kampus sedangkan 1 semester akhir digunakan untuk praktek kerja lapangan (PKL) dan penyelesaian Skripsi. Jurusan Administrasi Niaga memiliki dua program studi, yaitu D3 Administrasi Bisnis dan D4 Manajemen Pemasaran. Program studi D3 Administrasi Bisnis dibagi menjadi dua konsentrasi, yaitu Administrasi Perkantoran dan Marketing. (Kementerian Riset, 2015)
Program PKL merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan akademik yang wajib dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk uji coba kemampuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama duduk dibangku perkuliahan, sekaligus sebagai bahan perbandingan antara teori dan praktek yang telah didapatkan selama berada di bangku perkuliahan. Sehingga, dapat memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan sebelum terjun ke dunia kerja.
PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk dipilih sebagai objek PKL karena telah memenuhi syarat seperti yang telah diajukan oleh Jurusan Administrasi Niaga. Selain itu, akan lebih baik jika mahasiswa mengetahui lebih jauh bagaimana sistem kerja yang diterapkan di PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk agar nantinya dapat dijadikan sebagai pengalaman sebelum benar-benar terjun di dunia kerja serta untuk memperoleh data dari PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk

B.       Tujuan
Tujuan penyelenggaraan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah:
1.        Sebagai sarana melatih mahasiswa agar bisa beradaptasi pada lingkungan kerja.
2.        Sebagai sarana melatih mahasiswa agar bisa berfikir secara kritis terhadap permasalahan yang ada.
3.        Sebagai sarana menambah wawasan mahasiswa terhadap aspek-aspek diluar bangku kuliah pada lokasi Praktek Kerja Lapangan (PKL).
4.        Sebagai sarana menyiapkan mahasiswa agar lebih memahami kondisi pekerjaan di Lapangan.
5.        Sebagai sarana untuk mewujudkan tanaga siap kerja yang terampil, profesional, serta kreatif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di masa yang akan datang.

C.      Kegunaan
Adapun Kegunaan dari Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini adalah:
1.        Bagi Mahasiswa
a.    Mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama masa perkuliahan pada kegiatan yang nyata, dengan demikian akan tahu perbandingan antara pengetahuan di bangku kuliah dengan kenyataan yang ada di dunia kerja.
b.    Menguji kemampuan pribadi untuk berkreasi sesuai dengan ilmu yang dipelajari, serta tata cara hubungan masyarakat dalam dunia kerja yang penuh dengan persaingan.
c.    Memperdalam dan meningkatkan kualitas, keterampilan dan kreatifitas pribadi yang sesuai dengan ilmu yang dimiliki.
d.   Melatih diri agar tanggap dan peka dalam menghadapi situasi dan kondisi lingkungan kerja serta mempersiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di masa yang akan datang.
e.    Menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman sebagai generasi terdidik untuk nantinya dapat terjun dalam masyarakat terutama di lingkungan kerjanya.
2.        Bagi Politeknik Jurusan Administrasi Niaga
a.    Mencetak calon tenaga kerja yang terampil dan jujur dalam dalam menjalankan tugas. Sebagai masukan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana kurikulum yang sudah diterapkan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang terampil dibidangnya.
b.    Sebagai sarana pengenalan instansi pendidikan Politeknik khususnya Jurusan Administrasi Niaga, kepada badan usaha perusahaan yang membutuhkan lulusan atau tenaga kerja yang dihasilkan oleh Politeknik.
3.        Bagi Perusahaan Objek PKL
a.    Membantu menyelesaikan pekerjaan yang terdapat pada perusahaan tempat mahasiswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.
b.    Sebagai sarana untuk menjembatani hubungan kerja sama antara perusahaan dengan Politeknik dimasa yang akan datang, khususnya mengenai rekruitme tenaga kerja.
c.    Sebagai sarana untuk mengetahui kualitas pendidikan yang ada di Politeknik.

D.      Bidang Kerja dan Penempatan
1.             Penempatan penugasan PKL diharapkan sesuai dengan bidang Administrasi Bisnis (bidang Administrasi Perkantoran) yang meliputi korespondensi, kearsipan, kesekretariatan, pengorganisasian even, akuntansi, komunikasi bahasa Inggris dan Jepang, perpajakan, pengelolaan administrasi logistik, manajemen sumber daya manusia, mengoperasikan software pengolah kata, angka, data, dan design grafis.  (Kementerian Riset, 2015)
2.             Selama masa PKL mahasiswa yang bersangkutan diaharapkan bisa pindah/rolling ke bagian lain dan sebelumnya atas persetujuan dosen pembimbing lapangan dari perusahaan.
3.             Selama menjalankan aktivitas PKL, mahasiswa harus mempraktikan penggunaan peralatan atau mesin kantor seperti fax, komputer, printer, fotokopi dan lain-lain.
4.             Mahasiswa sangat berharap dalam bidang kerja dan penempatan selama kegiatan PKL ini dapat mengaplikasikan kegiatan Administrasi Perkantoran yang mana telah diperoleh ketika duduk di bangku perkuliahan.
5.             Terkait dengan hal ini, sengaja dilampirkan daftar mata kuliah yang telah ditempuh selama studi, agar dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan.

E.            Waktu Pelaksanaan
Dalam pelaksanaanya Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini, mahasiswa memilih PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk yang berlamat di Jalan Veteran Gresik 61122, Jawa Timur. Adapun waktu pelaksanaanya selama 6 (enam) minggu selama hari kerja efektif. Dimulai pada tanggal 16 Juli sampai dengan 7 September 2017 dengan ketentuan jam kerja per hari karyawan di tempat PKL.

F.            Penutup
Proposal Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini disusun dengan harapan dapat disetujui dan berjalan dengan lancar sesuai dengan rancana. Diharapkan perusahaan dapat memberi kesempatan pada mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT SEMEN INDONESIA (Persero) Tbk, sesuai dengan bidang ilmunya.
Dalam pelaksanaanya, perusahaan dapat menilai tingat ketrampilan dana kreatifitas kami selaku pelaksana PKL atas aktifitas (kerja) yang dilaksanakan baik dalam penguasaan bidang kerja maupun keaktifan bertanya kepada Dosen Pembimbing Lapangan atas masalah yang dihadapi.
Oleh karena itu, besar harapan agar pihak perusahaan menempatkan mahasiswa sesuai dengan disiplin ilmu dan keterampilan yang dimiliki, agar dapat melaksanakan PKL dengan sebaik-baiknya dan dapat mencapai maksud dan tujuan yang ingin dicapai serta dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

DAFTAR PUSTAKA
Kementerian Riset, T. d. (2015). Pedoman Akademik Tahun 2015. Malang: Politeknik Negeri Malang.



Lampiran 1
Daftar Mata Kuliah yang Telah di Tempuh
Jurusan Administrasi Niaga
Politeknik Negeri Malang
Semester I-IV

Semester I Program Administrasi Bisnis
No.
Mata Kuliah
SKS
Jam/Minggu
Teori
Praktek
Total
1.
Bahasa Jepang I
2
2
0
2
2.
Dasar Akuntansi I
2
1
2
3
3.
English for Communication I
2
2
2
4
4.
Kesekretariatan
3
2
4
6
5.
Keyboarding Skill
2
1
3
4
6.
Komputer Pengolah Kata dan Komunikasi
2
2
3
5
7.
Matematika
2
2
0
2
8.
Pengantar Bisnis
2
2
1
3
9.
Pengantar Proyek & Pengetahuan Perusahaan
2
0
5
5
10.
Sistem Manajemen Mutu
2
2
2
4
Total
21
16
22
38


Semester II Program Administrasi Bisnis
No.
Mata Kuliah
SKS
Jam/Minggu
Teori
Praktek
Total
1.
Bahasa Jepang II
2
2
0
2
2.
Dasar Akuntansi II
2
1
2
3
3.
English for Communication II
2
3
2
5
4.
Kewirausahaan
2
2
2
4
5.
Komputer untuk Desain dan Percetakan
2
2
3
5
6.
Korespondensi Bisnis
3
2
4
6
7.
Manajemen Even
2
2
2
4
8.
Manajemen Pemasaran
2
2
1
3
9.
Proyek Pengelolaan Data dan Informasi & Korespondensi Bisnis
2
0
4
4
10.
Statistik
2
1
1
2
Total
21
17
21
38

Semester III Konsentrasi Administrasi Perkantoran
No.
Mata Kuliah
SKS
Jam/Minggu
Teori
Praktek
Total
1.
Administrasi Logistik
3
1
4
5
2.
Bahasa Jepang III
2
2
0
2
3.
Business English I
3
2
2
4
4.
Etika Profesi
2
1
1
2
5.
Komputer untuk Analisis Basis Data
2
2
4
6
6.
Manajemen Kearsipan
2
1
2
3
7.
MSDM
2
2
0
2
8.
Pancasila
2
2
0
2
9.
Pengetikan Bisnis
3
1
5
6
10.
Proyek Penanganan Konsumen
2
0
4
4
Total
23
14
24
38


Semester IV Konsentrasi Administrasi Perkantoran
No.
Mata Kuliah
SKS
Jam/Minggu
Teori
Praktek
Total
1.
Proyek: Perencanaan Bisnis & Menjalin dan Memelihara Hubungan Bisnis
2
0
4
4
2.
Pengembangan Kepribadian
2
1
1
2
3.
Laporan Bisnis
3
1
4
5
4.
Public Relation
2
1
2
3
5.
Administrasi Sumber Daya Manusia
3
1
4
5
6.
Bahasa Jepang IV
2
2
0
2
7.
Komputer untuk Desain Web dan Web Database
2
2
4
6
8.
Perpajakan
2
1
2
3
9.
Agama
2
2
0
2
10.
Business English II
3
2
4
6
Total
23
13
25
38


  
Lampiran 2
Daftar Riwayat Hidup

Nama Lengkap                        : Fitri Pri Intania Salsa Lestari
NIM                                        : 1532610199
Jurusan/Program Studi            : Aministrasi Niaga/D3 Administrasi Bisnis
Konsentrasi                             : Administrasi Perkantoran
Tempat Tanggal Lahir             : Blitar, xx Februari 199x
Jenis Kelamin                          : Perempuan
Agama                                     : Islam
Alamat Asal                            : Blitar - Jawa Timur
No. Telepon/HP                      : 085856940xxx
Email                                       : intanialestari70@gmail.com
Nama Orang Tua                    
a.       Nama Ayah                             : Isprianta
b.      Nama Ibu                                : Sunarsih
Riwayat Pendidikan
a.       2001 – 2003                            : TK Dharma Wanita Gandusari
b.      2003 – 2009                            : SD Negeri 01 Gandusari
c.       2009 – 2012                           : SMP Negeri  01 Wlingi
d.      2012 – 2015                           : SMA Negeri 01 Talun
e.       2015 – 2018                           : Politeknik Negeri Malang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Observasi Event Organizer

Notulen Rapat Bulanan Perusahaan Simulasi Bisnis

Agenda Rapat Bulanan Simulasi Bisnis